Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkat Kesukaran Soal Bab Iii Arikunto 2010

BAB III METODE PENELITIAN. Adapaun klasifikasi tingkat kesukaran yang digunakan dapat dilihat pada Tebl 35 di bawah ini.

Http Eprints Uny Ac Id 18578 5 Bab 20iii Pdf

Table 35 Klasifikasi Tingkat Kesukaran Indeks Kesukaran Kriteria 000 029 Sukar 030 069 Sedang 070 100 Mudah Arikunto 2007.

Tingkat kesukaran soal bab iii arikunto 2010. Tabel 33 Klasifikasi Indeks Kesukaran Indeks Kesukaran Klasifikasi 000 P 030 031 P 070 071 P 100 Soal Sukar Soal Sedang Soal Mudah Arikunto 2012. Metode dan Desain Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Indeks tingkat kesukaran B.

BAB III METEDOLOGI PENELITIAN A. Tingkat kesukaran adalah bilangan yang menunjukkan sukar atau mudahnya sesuatu soal. Metode Penelitian Sugiyono 2017 hlm.

Jumlah seluruh siswa peserta tes. Sehingga untuk mengetahui seberapa jauh kesukaran suatu soal dalam penelitian ini dilakukan uji tingkat kesukaran soal. 211 Validitas adalah suatu ukuran.

207 soal yang baik adalah soal yang tidak terlalu mudah atau tidak terlalu sukar. 070 TK 100 Mudah 2. 5 Kriteria Penentuan Tingkat Kesukaran Rentang Tingkat kesukaran Kategori 000 032 Sukar.

Tingkat Kesukaran Analisis tingkat kesukaran dimaksudkan untuk mengetahui apakah soal tersebut tergolong mudah atau sukar. 40 Astecia Paramitha2014 Pengembangan three-tier test sebagai instrumen untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa. Tabel 35 Interpretasi Tingkat Kesukaran Butir Soal P-P Klasifikasi 000 029 030 0 69 070 100 Soal sukar Soal sedang Soal mudah Arikunto 2010210 Berdasarkan pengolahan data hasil ujicoba instrumen untuk tingkat kesukaran butir soal disajikan dalam tabel berikut.

Reliabilitas tingkat kesukaran dan daya pembeda. Tingkat kesukaran suatu soal dikatakan baik jika nilai TK yang. 030 TK 070 Sedang 3.

Arikunto 201053 Tes juga diartikan sebagai instrumen atau alat untuk mengukur perilaku atau kinerja performance seseorang. Suharsimi Arikunto 2010 hlm. P indeks tingkat kesukaran item B jumlah siswa yang menjawab benar per item soal JS jumlah seluruh siswa peserta tes Tabel 3.

Hajar 1996173 Alat ukur. 33 Neng Ira Khoerunisa 2013 Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaaan Konsep. 000 TK 030 Sukar Suharsimi Arikunto 2003210 Makin rendah nilai tingkat kesukaran suatu soal maka makin sukar soal tersebut.

65 menyatakan bahwa sebuah tes dikatakan valid apabila tes. 210 Kesimpulan yang diperoleh dari hasil perhitungan tingkat kesukaran soal. 2Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta.

Soal yang baik adalah. Menurut Arikunto 2010 metode penelitian adalah cara yang digunakan. BAB III METODE PENELITIAN A.

222 soal yang baik adalah soal yang tidak terlalu mudah atau tidak terlalu sukar. Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal yang baik adalah soal yang tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sukar. Keseimbangan yang dimaksud adalah soal-.

Menurut Arikunto 2009 hlm. Perhitungan tingkat validitas reliabilitas daya pembeda dan tingkat kesukaran soal tes. Tingkat kesukaran butir soal item merupakan rasio antar penjawab item dengan benar dan banyaknya penjawab item.

218 d Tingkat Kesukaran Tingkat kesukaran soal dipandang dari kesanggupan atau kemampuan Peserta didik dalam menjawabnya bukan dilihat dari sudut pandang guru sebagai pembuat soal. 4 Tingkat Kesukaran Menurut Arikunto 2012 h. BAB III METODE PENELITIAN.

Untuk menghitung kesukaran setiap butir soal dapat menggunakan rumus. Sedangkan daya pembeda merupakan kemampuan soal dalam. Prinsip Teknik Prosedur hlm2701.

Rkoefisien korelasi antara variable X dan Y Nbanyaknya subyek Xskor tiap butir soal. Adanya keseimbangan dari tingkat kesukaran soal-soal tersebut. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat diketahui klasifikasi tingkat kesukaran soal yang didasarkan pada criteria penafsiran tingkat kesukaran soal pada pembahasan sebelumnyaTabel 13 Klasifikasi Soal Berdasarkan Proporsi Tingkat Kesukarannya 8 Zainal Arifin Evaluasi Pembelajaran.

207 soal yang baik adalah soal yang tidak terlalu mudah atau tidak terlalu sukar. BAB III METODE PENELITIAN. Untuk menghitung tingkat kesukaran tiap butir soal pada instrumen soal kemampuan.

Validitas soal Dalam mencari validitas soal digunakan rumus korelasi product dengan angka dasar. 226 daya pembeda soal adalah kemampuan suatu soal untuk membedakan siswa yang pandai berkemampuan tinggi. 2 menyatakan bahwa metode penelitian merupakan.

Daya Pembeda Menurut Arikunto 2012 hlm. Metode eksperimen semu dengan desain randomized control group pretest-posttest design untuk mengetahui perbandingan peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan generik sains antara siswa. 1 Validitas Instrumen yang valid adalah instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur apa yang seharusnya diukur Sugiyono 2010.

Rumus yang digunakan untuk mencari tingkat kesukaran soal adalah sebagai berikut. Tingkat kesukaran Tingkat kesukaran soal dipandang dari kesanggupan atau kemampuan siswa dalam menjawabnya bukan dilihat dari sudut pandang guru sebagai pembuat soal. Menurut Arikunto 2010 hlm.

Tabel 34 Interpretasi Tingkat Kesukaran Butir Soal Nilai P Kriteria 000 Terlalu sukar. Tingkat Kesukaran Soal Tingkat kesukaran adalah angka yang menjadi indikator mudah sukarnya soal. Jenis Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan.

10 20 100 50. Rentang Nilai Tingkat Kesukaran Klasifikasi 1. Rineka Cipta 2010 hlm.

Reliabilitas tingkat kesukaran dan indeks distraktornya. Banyak siswa yang menjawab soal itu dengan benar JS. Suharsimi Arikunto 2014 Keterangan.

BAB III METODE PENELITIAN A. Kriteria Interpretasi Tingkat Kesukaran Nilai TK Tingkat Kesukaran 000 030 Sukar 031 070 Sedang 071 100 Mudah Uji Daya Pembeda Soal Daya pembeda soal adalah kemampuan sesuatu soal untuk membedakan antara siswa yang pandai berkemampuan tinggi dengan siswa yang bodoh berkemampuan rendahArikunto 2008211.

Http Eprints Uny Ac Id 52905 13 Bab 20iii Pdf

Http Digilib Iain Palangkaraya Ac Id 738 4 Bab 20iii Pdf

Http Repositori Unsil Ac Id 662 7 Iii 20metode 20penelitian 20 28autosaved 29 Pdf

Http Eprints Umm Ac Id 39464 4 Bab 20iii Pdf

Bab Iii Metode Penelitian Yang Menunjukkan Tingkat Tingkat Kevalidan Atau Kesahihan Sesuai Instrumen Pdf Document

Bab Iii Metode Penelitian A 1 Xi Ips 1 Dan Xi Ips 2 Sama Yaitu 37 Siswa Dan Nilai Rata Rata Pdf Document

Bab Iii Metode Penelitian

Http Repository Unpas Ac Id 31103 7 Bab 20iii Pdf

Http Repository Uin Suska Ac Id 12847 8 8 20bab 20iii 2018416pgmi Pdf


Posting Komentar untuk "Tingkat Kesukaran Soal Bab Iii Arikunto 2010"